Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
Vol 3, No 1 (2016)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE SENSE OF HUMOR BERBASIS EDUKATIF PADA KELAS IX.G SMPN 1 BONTONOMPO

Surya Dharma (Pendidikan Matematika, Unismuh Makassar)
Irianti Irianti (Pendidikan Matematika, Unismuh Makassar)
Khaerunisa AK. (Pendidikan Matematika)
Musdalifah Musdalifah (Pendidikan Matematika, Unismuh Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Metode Sense Of Humor terhadap sikap peserta didik kelas IX.G SMPN 1 Bontonompo dan pengaruh pendekatan Metode sense of Humor terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX.G SMPN 1 Bontonompo. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian tindakan Kelas yang berlokasi di SMPN 1 Bontonompo. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IX.G SMPN 1 Bontonompo sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Siklus I yang tuntas belajar dari 26 siswa terdapat 19 orang atau 73,03% dengan nilai rata-rata 64,23. Secara klasikal belum terpenuhi karena siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) masih kurang dari 75%. Pada Siklus II yang tuntas belajar dari 26 siswa terdapat 20 orang atau 76,92% dengan nilai rata-rata 78,46. Secara klasikal sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu melebihi dari 75%. Persentase rata-rata siswa yang melakukan tindakan sesuai dengan kegiatan pembelajaran pada setiap indikator ativitas meningkat dari Siklus I ke siklus II sedangkan rata-rata siswa yang melakukan aktivitas tidak sesuai dengan kegiatan pembelajaran menurun dari Siklus I ke Siklus II. Respon siswa pada umumnya positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika siswa Kelas IX.GSMPN 1 Bontonompo melalui metode sense of humor mengalami peningkatan. Key Word : Hasil Belajar, Metode dan Sense Of Humor 

Copyrights © 2016