Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi
Vol 3, No 2 (2017): Agustus

DIGITAL TEACHING LEARNING FOR DIGITAL NATIVE; TANTANGAN DAN PELUANG

Christina Juliane (Unknown)
Arry A. Arman (Unknown)
Husni S. Sastramihardja (Unknown)
Iping Supriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2017

Abstract

Gap generation antara pembelajar dan pengajar mempengaruhi tingkat keberhasilan Proses Belajar dan Mengajar (PBM) berbasis teknologi (digital teaching and learning). Tujuan efektivitas dan efisiensi dari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada akhirnya hanya menjadi jargon yang pembuktiannya masih memerlukan studi lebih lanjut. Hal ini terjadi karena keberadaan TIK masih terbatas pada pemenuhan life style bagi generasi digital saat ini, tanpa value dan esensi dari keberadaan dan pemanfaatan TIK itu sendiri dalam PBM. Oleh karenanya diperlukan sebuah penelitian untuk mengidentifikasi seperti apa fakta real yang terjadi dilapangan (Pulau Jawa-Indonesia) terkait pemanfaatan teknologi dalam PBM dengan adanya gap generation antara pembelajar dan pengajar. Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang yang hadir pada proses digital teaching and learning untuk generasi digital saat ini. Area sampel penelitian dilakukan di Pulau Jawa dengan total 519 orang yang potensial dan relevan menjadi responden dan diuji dengan menggunakan kaidah ilmiah yang empiris. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk memberikan pandangan tentang apa dan bagaimana seharusnya aktivitas digital teaching and learning dilakukan untuk generasi digital saat ini, terutama generasi digital di Indonesia.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

RMSI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering Other

Description

Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi (print ISSN: 2460-8181, online ISSN: 2502-8995) is a peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau. The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all ...