Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika
Vol 2 No 1 (2016)

Studi Dampak Penggunaan Self-Assessment Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Madrasah Aliyah dalam Topik Usaha dan Energi

Sutiadi, Asep (Unknown)
Mabrudi, . (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2016

Abstract

Tujuan penelitian adalah memotret pelaksanaan penilaian diri yang dilakukan dalam pembelajaran fisika untuk mengungkap pemahaman konsep siswa yang berorientasi Teori Marzano. Subjek penelitian adalah siswa Madrasah Aliyah yang berjumlah 32 orang, ditentukan secara purposive dan metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi-eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar self-assessment (SA), wawancara, lembar observasi, dan tes pemahaman berbentuk pilihan ganda pada topik usaha dan energi. Hasil penelitian menunjukkan: (i) profil SA dan tes pemahaman keduanya menunjukkan hubungan yang selaras, capaian hasil yang baik dalam SA juga menunjukkan hasil yang baik dalam tes; (ii) ada dua profil hubungan antara SA dan hasil tes, yaitu jawaban SA sesuai dengan hasil tes dan jawaban SA tidak sesuai dengan hasil tes; (iii) menggunakan lembar SA guru jadi mudah melihat dan menandai konsep mana yang belum dipahami dan sudah dipahami oleh siswa; dan (iv) lembar SA menumbuhkan sikap positif siswa selama proses pembelajaran.

Copyrights © 2016