Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies
Vol 1, No 1 (2015)

INTERAKSI EKSTRATEKSTUAL DALAM PROSES BERCERITA KEPADA ANAK USIA DINI

Siti Khasinah (Fasilitator PAUD Provinsi Aceh Tim UNICEF 2006- sekarang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2015

Abstract

ABSTRAK Artikel ini memuat pembahasan tentang interaksi ekstratektual yang terjalin dalam proses bercerita (narasi) atau membaca cerita kepada anak terutama anak usia dini. Kegiatan bercerita atau membaca cerita dengan memasukkan berbagai jenis interaksi ini bisa dilakukan oleh orang dewasa seperti orangtua, guru, atau siapapun yang bermaksud memberikan stimulasi atau perlakuan pendidikan (educational treatment) kepada anak. Oleh karena itu beberapa hal yang dianggap informasi mendasar dan penting menjadi sub topik yang dibahas secara detail dalam makalah ini. Pembahasan dimulai dengan menjelaskan pengertian bercerita, yaitu kegiatan menyampaikan cerita oleh narrator atau membaca cerita oleh reader kepada pendengar, dalam hal ini adalah anak. Selanjutnya dibahas tentang definisi interaksi ektratektual yang merupakan pemberian kegiatan tambahan dalam proses bercerita atau membaca cerita, yang sebenarnya bukan bagian dari sebuah cerita. Selanjutnya dipaparkan berbagai jenis interaksi ekstra tekstual dalam kegiatan bercerita atau membaca cerita dan bagaimana perkembangan bahasa anak bisa berkembang melalui pengunaan interaksi ini dalam proses bercerita.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

equality

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

GENDER EQUALITY : International Journal of Child and Gender Studies, a journal focuses on issues related to child and gender studies, is published by Center for Child and Gender Studies, State Islamic University of Ar-Raniry, Banda Aceh. The scope of article received can be approached from ...