Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi
Volume VII, No 2, September 2015

AKTIVITAS MEDIA RELATIONSHUMAS KEPOLISIAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA BAGIAN HUMAS DI POLRESTA SURAKARTA DALAM MENJALANKAN MEDIA RELATIONS)

Sari, Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2016

Abstract

Humas Polresta Surakarta menjalankan fungsi hubungan masyarakat dalam membentuk citra positif, dan menekan pemberitaan negatif yang beredar di masyarakat, guna meningkatkan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Aktivitas Humas di Polresta Surakarta dalam menjalankan Media Relations. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan narasumber Kepala Sub Bagian Humas dan Kepala Urusan Humas Polresta Surakarta, juga mewawancarai wartawan dari media massa lokal. Observasi di lapangan juga penulis lakukan guna mengamati kegiatan-kegiatan media relations yang dilakukan. Penulis juga menggunakan studi pustaka untuk mendeskripsikan penelitian ini supaya lebih jelas. Dari hasil penelitian, Humas melakukan aktivitas media relations dengan beberapa strategi. Pertama, dengan mengelola relasi yang bertujuan menjalin hubungan baik dengan institusi media massa terutama dengan para wartawan. Kedua, mengembangkan strategi yang dilakukan melalui pengembangan kemampuan personal anggota di bidang kehumasan dan media. Kemudian yang ketiga adalah dengan mengembangkan jaringan yaitu berhubungan baik dengan Persatuan Wartawan Indonesia, dengan pihak-pihak swasta juga dengan klub motor di Surakarta.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

komuniti

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Komuniti : Jurnal Komuniti is a scientific journal that publishes scientific research papers/articles or reviews in the field of Communication and Media. The scope of this journal includes communication as social science, mass communication, technology communication, communication and networking, ...