Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 2 (2015): Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam

STUDI VALIDITAS HADITS TENTANG ILMU PENGETAHUAN DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013

Alimron Alimron (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2017

Abstract

Hadits sebagai pernyataan, pengamalan, taqrir dan hal-ihwal Nabi Muhammad SAW, merupakan sumber ajaran Islam yang kedua setelah al-Qur’an. Namun kitab-kitab hadits yang beredar di tengah-tengah masyarakat dan dijadikan pegangan oleh umat Islam adalah kitab yang disusun jauh setelah Nabi wafat. Sementara itu, dalam rentang waktu yang panjang antara kewafatan Nabi dan penulisan kitab-kitab hadits tersebut, dimungkinkan telah terjadi berbagai hal yang dapat menjadikan periwayatan hadits itu menyalahi apa yang sebenarnya berasal dari Nabi. Pada tataran persoalan semacam inilah, maka penelitian terhadap berbagai hadits yang terhimpun dalam beberapa kitab tersebut menjadi urgen untuk dilakukan. Salah satu buku yang beredar di masyarakat, khususnya di sekolah adalah buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Kajian dalam tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dengan jelas kualitas hadits-hadits yang terdapat dalam buku tersebut, teutama hadits tentang ilmu pengetahuan. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Tadrib

Publisher

Subject

Education Environmental Science Library & Information Science Mechanical Engineering Social Sciences

Description

Journal Tadrib focus on the issues that are related in Islamic Education, including Research Methodology, Education Science, Islamic Education Science, Educational Psychology, Learning Psychology, Educational Philosophy, Islamic Educational Philosophy, Lesson Plan, Lesson Design, Lesson Media, ...