Pro Bisnis
Vol 10, No 1: Februari (2017)

Analisis Minat Menabung Masyarakat Terhadap Tabungan Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bukittinggi

Rizki Wahyudi (STMIK Amikom Purwokerto)
Rina Carmelina (STIE Haji Agus Salim)
Kuat Indartono (STMIK Amikom Purwokerto)
Sitaresmi Wahyu Handani (STMIK Amikom Purwokerto)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

PT. BNI Cabang Bukittinggi merupakan salah satu Bank penghimpun dana masyarakat, Salah satu diantaranya adalah Taplus. Sebagai Bank Umum milik Pemerintah, BNI Cabang Bukittinggi mempunyai peran yang sangat besar dalam meningkatkan pembangunan dan perekonomian masyarakat, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pendapatan, pendidikan, usia, pekerjaan, jenis kelamin, dan jumlah anggota keluarga terhadap minat menabung masyarakat terhadap tabungan Taplus sekaligus besarnya minat tersebut. Berdasarkan hipotesis, minat menabung masyarakat Bukittinggi pada Bank BNI Cabang Bukittinggi disamping pendapatan juga dipengaruhi oleh pendidikan, umur, pekerjaan, jenis kelamin, dan jumlah anggota keluarga secara signifikan. Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruhnya terhadap minat menabung masyarakat terhadap Taplus digunakan metode penelitian menggunakan data primer yaitu data yang langsung diambil dari nasabah penabung dengan metode pengambilan dengan metode sampling random dengan mengajukan pertanyaan dan pengisian questioner yang diberikan kepada sampel yang terpilih yang jumlahnya 35 orang yaitu 5% dari jumlah nasabah tabungan (Taplus) yang memiliki saldo di atas Rp 500.000.000,- .Data yang didapat diolah dengan menggunakan program statistik yaitu perangkat lunak (software) SPSS (Statistica Product and Service Solutions) Versi 11,0 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel mana yang signifikan terhadap jumlah tabungan, Berdasarkan nilai koefisien regresi dapat disimpulkan bahwa dari keenam variabel yang ada ternyata hanya pendapatan yang sangat signifikan dan berpengaruh terhadap jumlah tabungan. Pendapatan adalah merupakan variabel yang dominan dan mempengaruhi minat menabung masyarakat pada BNI Cabang Bukittinggi. Besarnya minat menabung masyarakat (MPS) pada BNI Cabang Bukittinggi adalah sebesar 0,406 atau 40,6%.dengan Koeffisien Korelasi (r) sebesar 0,641 dan uji t sebesar 4,746 yang mempunyai pengaruh sangat signifikan.terhadap jumlah tabungan.

Copyrights © 2017