Jaqfi : Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam
Vol 1, No 1 (2016)

Pemikiran Pendita Za‘ba Menerusi Karya, Perangai Bergantung pada Diri Sendiri: (Analisis Dari Perspektif Pemikiran Islam)

WZ Kamaruddin bin Wan Ali (, Akademi Pengajian Islam, Universiti Malaya, Kuala Lumpur)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2016

Abstract

Zainal Abidin bin Ahmad atau lebih dikenali Pendita Za‘ba merupakan seorang tokoh terkenal dalam masyarakat Muslim Melayu di Malaysia. Karena beberapa cara pandang yang berbeda, sebagian menganggapnya sebagai sesat, sementara yang lain menghormatinya dan memandangnya sebagai pemikir dan agamawan berpengaruh. Artikel ini akan mendiskusikan pembangungan bangsa menurut sudut-pandang Za‘ba dalam mengangkat integritas dan keunggulan masyarakat Muslim Melayu dalam lingkungan Islam dan bagaimana beliau melihat Muslim Melayu dengan perhatian khusus pada para pemikir dan agamawan [ulama] dan pemahaman-salah mereka terhadap Islam yang menjadi penyebab keruntuhan mereka. Pada dasarnya, diskusi ini akan berfokus terutama pada karya monumental beliau yang dikenal Perangai Bergantung Pada Diri Sendiri diterbitkan pada 1982 dan akhir-akhir ini dicetak ulang oleh Dewan Bahasa dan Pustaka [DBP] (Edisi Khusus) kerana keperluan bangsa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jaqfi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Ilmiah JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil kajian dan penelitian orisinal terbaru dalam ilmu murni Filsafat Islam dan Aqidah (Teologi Islam), serta cakupannya meliputi kajian filsafat kontemporer, pendidikan, sosial, dan keagamaan dari ...