Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

PENGUKURAN KUALITAS MEDIA DAN INFORMASI WEBSITE DALAM DISEMINASI PARIWISATA UNTUK MENDUKUNG VIRAL MARKETING (STUDI: WEB PARIWISATA KABUPATEN BANTUL)

Margaretha Kusuma Prihantiwi (Unknown)
Hanung Adi Nugroho (Unknown)
Wing Wahyu Winarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2017

Abstract

Website pemerintah adalah alat promosi yang penting untuk tujuan wisata karena merupakan saluran informasi dalam memperkenalkan semua calon wisatawan sebagai dasar keputusan perjalanan dan pemilihan destinasi. Kabupaten Bantul telah menerapkan teknik promosi melalui website. Namun sayangnya, promosi dengan menggunakan website tersebut kurang maksimal dan kurang mendapat kepercayaan pengguna, terlihat dari tingkat kunjungan pengguna ke website Disbudpar Kabupaten Bantul yang tidak selalu mengalami peningkatan per bulannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi pengguna mengenai kualitas website dan tingkat kepercayaan dalam menggunakan website sebagai media promosi pariwisata. Hal tersebut diprediksi mendorong adopsi informasi dan terwujudnya viral marketing. Peneliti mengusulkan model tingkat kepercayaaan yang memberikan pengaruh terhadap terciptanya viral marketing berdasarkan model Filieri yang dimodifikasi. Populasi melibatkan masyarakat umum yang membutuhkan informasi tentang pariwisata di Bantul yang mempunyai media sosial. Sampel dengan menggunakan metode simple random sampling. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan skala Likert dan dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi dan kualitas website yang dirasakan oleh pengguna terbukti meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap website pariwisata. Kepercayaan pengguna terhadap website pariwisata juga terbukti meningkatkan niat pengguna untuk mengadopsi informasi pariwisata dan mendorong pengguna untuk melakukan kegiatan viral marketing. Penelitian juga memberikan hasil yang menarik bahwa kualitas layanan, kepuasan pengguna serta pengalaman dan kemampuan pengguna tidak terbukti secara signifikan terhadap kepercayaan pengguna website pariwisata.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jtik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (JTIK) adalah majalah ilmiah yang diterbitkan oleh Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan. JTIK mengusung visi menjadi media informasi dan komunikasi bagi pengembangan ilmu pengetahuan serta sebagai rekomendasi ...