Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

OPTIMASI MAKESPAN DAN TOTAL TARDINESS DALAM PENJADWALAN MESIN PRODUKSI TYPE FLOW SHOP MENGGUNAKAN METODE NON-DOMINATED SORTING GENETIC ALGORITHM (NSGA-II)

Fifin Sonata (Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Medan Jl. Iskandar Muda No.45 Medan)
Muhammad Zarlis (Program Pascasarjana, Fak. Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Sumatera Utara Jl. Universitas no. 24A Medan, Sumatera Utara)
Tulus Tulus (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara Jl. Universitas no. 24A Medan, Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2016

Abstract

Permasalahan optimasi dua objek yaitu makespan dan total tardiness pada penjadwalan mesin produksi flow shop berkaitan dengan penyusunan penjadwalan mesin secara teratur. Optimasi kedua permasalahan tersebut merupakan optimasi yang bertolak belakang sehingga diperlukan motode optimasi multi-objective A Fast Elitist Non-Dominated Sorting Genetic Algorithm for Multi-Objective Optimazitaion : NSGA-II yang dapat mengintegrasikan permasalahan tersebut. Penyelesaian penjadwalan mesin produksi flow shop dengan algoritma NSGA-II mampu membangun jadwal dengan meminimalkan makespan dan total tardiness. NSGA-II dapat membantu memberikan solusi penjadwalan mesin produksi flow shop yang efisien berupa solusi pareto optimal yang dapat memberikan sekumpulan solusi alternatif bagi pengambil keputusan dalam membuat penjadwalan mesin produksi yang diharapkan. Nilai solusi yang diperoleh akan terlihat dengan cara melakukan perbandingan antara dominasi solusi Aggregat Of Function (AOF) dengan solusi NSGA-II.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jtik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (JTIK) adalah majalah ilmiah yang diterbitkan oleh Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan. JTIK mengusung visi menjadi media informasi dan komunikasi bagi pengembangan ilmu pengetahuan serta sebagai rekomendasi ...