Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi)
Vol 20, No 1 (2018): Jurnal IPTEK-KOM (JURNAL ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI)

Mencipta Ruang Global Indonesia di Majalah Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia Colours (Globalizing Indonesia in Colours, Garuda Indonesia In-Flight Magazine)

Holy Rafika Dhona (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2018

Abstract

Globalisasi adalah isu penting dalam komunikasi. Majalah maskapai penerbangan adalah salah satu medium komunikasi yang erat terkait dengan masalah globalitas. Ber-genre traveling, majalah maskapai penerbangan menjadi teknologi komunikasi yang tidak hanya memediasi, tetapi juga mengonstruksi sebuah ruang tertentu sesuai dengan sifat globalnya. Penelitian ini membahas bagaimana majalah maskapai penerbangan Garuda Indonesia Colours mengonstruksi tempat-tempat di Indonesia. Menggunakan analisis wacana multimodal pada features The Archipelago Journal edisi 2016, penelitian ini menemukan bahwa majalah ini mengonstruksi tempat-tempat di Indonesia sebagai ruang global melalui modalitas dalam teksnya dan cara kerja produksi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IPTEKKOM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal IPTEK-KOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi merupakan jurnal penelitian dalam bidang komunikasi dan teknologi informasi yang diterbitkan oleh Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Yogyakarta. BPPKI Yogyakarta adalah Unit Pelayan Teknis di bawah ...