JURNAL EKONOMI DAN BISNIS AIRLANGGA
Vol. 27 No. 1 (2017): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS AIRLANGGA

PENGARUH PERSEPSI KEADILAN REMUNERASI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR

Angga Fitri Valina Hartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2017

Abstract

Sampai dengan saat ini remunerasi di lingkungan Pemerintah dirasa masih menimbulkan kecemburuan di antara para pegawai, hal ini terkait juga dengan penilaian kinerja yang dilakukan dengan DP3 yang notabene penilaiannya secara subjektif dan terkesan formalitas saja. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh persepsi keadilan remunerasi yang dirasakan oleh pegawai terhadap kinerja pelayanan yang mereka berikan, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.    Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama persepsi keadilan remunerasi mempengaruhi kinerja pelayanan pegawai. Semakin tinggi tingkat persepsi pegawai atas keadilan remunerasi maka semakin tinggi kinerja pelayanan yang mereka berikan karena persepsi yang positif akan memberikan dampak yang positif pula terhadap suatu objek. Secara parsial persepsi keadilan distributif dan keadilan prosedural memiliki hubungan yang positif dengan kinerja pelayanan, sedangkan persepsi keadilan interaksional berhubungan negatif dengan kinerja pelayanan. Keadilan distributif menjadi prediktor terbaik dari kinerja pelayanan pegawai. Kata kunci: Keadilan organisasional, remunerasi, kinerja pelayanan

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JEBA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL EKONOMI DAN BISNIS AIRLANGGA (J E B A) | JOURNAL OF ECONOMICS AND BUSINESS AIRLANGGA (Formerly Majalah Ekonomi) (p-ISSN: 2338-2686; e-ISSN: 2597-4564) is a scientific peer-reviewed journal published by Faculty of Economics and Business, Universitas Airlangga, Indonesia. Since established in ...