Jurnal Inspiration
Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Inspiration Volume 7 Issue 1

Kombinasi Fitur Tekstur Local Binary Pattern yang Invariant Terhadap Rotasi dengan Fitur Warna Berbasis Ruang Warna HSV untuk Temu Kembali Citra Kain Tradisional

Nasir, Muhamad (Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Bengkalis, Bengkalis)
Suciati, Nanik (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya)
Wijaya, Arya Yudhi (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Salah satu bagian penting dari sistem temu kembali adalah metode ekstraksi ciri. Metode ekstraksi ciri harus invariant terhadap perubahan rotasi, hal ini dikarenakan user sering mamasukkan citra contoh yang berbeda rotasi dengan citra yang ada di database. Pada kasus temu kembali citra kain tradisional, tekstur dan warna merupakan fitur dominan serta karakteristik visual yang penting dalam membedakan antara kain yang satu dengan kain yang lain. Oleh karena itu, pada penelitian ini dikombinasikan fitur tekstur Local Binary Pattern (LBP) yang invariant terhadap rotasi dengan fitur warna dari ruang warna HSV untuk temu kembali citra kain tradisional. Hasil kombinasi fitur tekstur LBP yang invariant terhadap rotasi dengan fitur warna dari ruang warna HSV menghasilkan recall terbaik 100% pada dataset Batik dan 100% pada dataset Songket menggunakan jarak manhattan.

Copyrights © 2017