Channel : Jurnal Komunikasi
Vol 5, No 2 (2017)

MEMPERTAHANKAN PASAR MEDIA CETAK MELALUI KONTEN AUGMENTED REALITY/AR (Studi pada Koran Tribun Jogja)

Permana, Fitri Yuliantri ( Universitas Sebelas Maret Solo)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

AbstrakPenggunaan teknologi adalah hal yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis media agar dapatmempertahankan eksistensinya. Tribun Jogja, koran cetak lokal di wilayah D.I. Yogyakarta danJawa Tengah bagian selatan, menambahkan konten Augmented Reality (AR) sebagai upayamemadukan teknologi dengan media konvensional.Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus untuk menganalisis penggunaanteknologi AR pada koran cetak Tribun Jogja. Dilihat dari sisi strategis, penggunaan teknologi ARdilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan dan sebagai branding sebagai korancetak lokal yang selalu terdepan dalam inovasi. Penggunaan teknologi AR juga berdampak padaperubahan manajemen pemberitaan.Kata kunci: Tribun Jogja, Augmented Reality, koran cetak lokal.

Copyrights © 2017