Channel : Jurnal Komunikasi
Vol 5, No 1 (2017)

BRANDING DAN EKSISTENSI PRODUK (KAJIAN TEORITIK KONSEP BRANDING DAN TANTANGAN EKSISTENSI PRODUK)

Nastain, Muhammad ( Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2017

Abstract

AbstrakPersaingan ddalam dunia industry tidak mengakomodir stagnasi produk dan brand.Mereka yang tidak peka dengan perubahan dan tantangan pasar akan terlindas oleh competitor.Diperlukan upaya menyeluruh dan terus menerus untuk mempertahnakan brand. Eksistensi produkditopang dengan adanya differensiasi sebegai jawaban pemenuhan eksektasi pasar. Konsumenmemiliki hak sepenuhnya untuk menentukan pilihan produk ditengah ketatnya persaingan antarproduk. Proses branding dan eksistensi produk memberikan jawaban dari tantangan setiap perubahandalam bidang pemasaran. Strategi branding berupaya menempatkan produk pada posisibersaing kompetitif dengan produk lain.Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif untuk menggali informasi terkaitkonsep brand dan differensiasi produk. Membangun brand dapat dilakukan dengan “membangun”kepercayaan publik secara massif dan kontinyu atau dengan “meminjam” atau melekatkan denganbrand yang sudah lebih mapan. Akan tetapi perubahan mindset pelaku usaha dalam memperlakukanbrand menjadi kata kunci utama yakni menempatkan brand sebagai asset. Selanjutnya mempertahankanekuitas brand berada dalam skala atas merupakan prioritas. Menempatkan brand pada

Copyrights © 2017