ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti pada pentingnya bagi sebuahorganisasi untuk melakukan investasi sosial dalam masyarakat, terutama dalam masyarakat sekitarberdirinya organisasi. Investasi sosial dapat dilaksanakan melalui program corporate socialresponsibility (CSR). Pelaksanaan CSR itu sendiri sebaiknya dilakukan selama tahap pra-krisisatau selama masa manajemen isu. Objek penelitian ini adalah program CSR Jogja City Mall (JCM)yang bertajuk âMasak Besar 2.705 Porsi Nasi Gorengâ di mana anggota masyarakat diundanguntuk terlibat langsung di dalamnya. JCM sendiri sebelumnya sempat dilanda beberapa keluhandan sikap tidak suka dari pihak masyarakat sekitar. Peneliti kemudian ingin mencari tahu efektivitasprogram CSR dalam mengantisipasi krisis bagi organisasi sekaligus sebagai bentuk investasi sosialperusahaan.Kata kunci: investasi sosial, CSR, manajemen isu, antisipasi krisis.
Copyrights © 2017