menyongsong era globalisasi yang sarat dengan kompetisi diberbagai bidang, maka semua aspek kehidupan akan terkena pengaruhnya, termasuk pula bidang perekonomian. Dalam perkembangan dunia usaha dewasa ini, berbagai cara ditempuh oleh para pelaku bisnis untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, atau berusaha melakukan terobosan dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan yang bersangkutan. Kemampuan untuk menciptakan terobosan-terobosan bam harus dilakukan untuk menarik simpatik para konsumen atau calon pembeli agar menaruh minat pada produk yang ditawarkan. Salah satu faktor yang sangat penting dalam menunjang pemasaran adalah faktor komunikasi. Komunikasi pemasaran sangat berperan dalam menarik minat masyarakat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Variabel keunggulan produk, daya tahan, kecepatan dan kenyamanan, dan citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dalam pemakaian suku cadang mobil pada PT. Sinar Agung Prasadikindo Makassar. Hal ini dibuktikan dari hasil pengolahan data statistik yang menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) seluruh variabel X memiliki pengaruh signifikan yang ditunjukkan oleh hasil uji f, dimana nilai f hitung adalah sebesar 8,318 dengan nilai signifikansi 0,000 (jauh lebih kecil dibanding a = 0,05. (2) Secara parsial, variabel keunggulan produk menjadi variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan dalam pemakaian suku cadang mobil pada PT. Sinar Agung Prasadikindo Makassar. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung yang paling besar dibanding variabel X lainnya, yaitu sebesar 2,599 dan nilai signifikansi sebesar 0,017 (lebih kecil dari a = 0,05).
Copyrights © 2012