Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 4, No 2 (2016): PENDIDIKAN

Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil

Sulfasyah, Sulfasyah (Unknown)
Nur, Hanis (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Penelitian dengan judul “Diskriminasi pendidikan masyarakat terpencil (Study kasus masyarakat desa Buntu Mondong Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang” ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya diskriminasi pendidikan masyarakat terpencil di desa Buntu Mondong Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang, dengan metode penelitian Kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati Kondisi Sekolah yang meliputi keadaan siswa, guru dan sarana prasarana serta keadaan di lingkungan sekitar yang turut mempengaruhi kualitas pendidikan. Data yang telah dikumpulkan, kemudian dianalisa secara deskriftif. Hasil penelitian menggambarkan tentang terjadinya diskriminasi pendidikan di SDN NO. 79 Gura, yaitu diskriminasi tenaga pendidik dan sarana prasaran yang menyebabkan Pendidikan di daerah tersebut tidak maksimal. Tenaga pendidik yang tersedia kurang memiliki keunggulan di bidannya dan memiliki kualitas yang rendah sehingga apa yang diberikan untuk anak didiknya juga pas-pasan. Selain Tenaga Pendidik yang kurang berkualitas, Sarana Prasarana yang menunjang proses belajar mengajar sangat sedikit, sehingga proses belajar mengajar seringkali mengalami hambatan. Olehnya itu, Khusunya bagi pemerintah dan pelaksana pendidikan harus lebih meningkatkan perhatian terhadap Pendidikan di daerah Terpencil, khusunya di SDN NO 79 Gura. Kata Kunci : Diskriminasi, Pendidikan, Masyarakat Terpencil          

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan Jurnal Peer ulasan untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, yang terbuka untuk para dosen, guru, dan masyarakat sesuai kebutuhan. Sedangkan ruang publikasi jurnal equilibrium ...