Auladuna
Vol 3 No 2 (2016): December

PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN POSITIF TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI DARUL ISTIQAMAH KECAMATAN PATTALASSANG KABUPATEN GOWA

Chaeruni Rezki Syarifuddin (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bentuk pemberian penguatan positif para guru, realitas sikap belajar peserta didik, dan seberapa besar pengaruh pemberian penguatan positif terhadap sikap belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darul Istiqamah Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Penelitian ex post facto ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV dan V yang berjumlah 45 orang peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur data pemberian penguatan positif dan angket untuk mengukur data sikap belajar peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan statistik deskriptif tentang pemberian penguatan positif oleh guru berada pada kategori tinggi dengan persentase 53,3%. Hasil perhitungan statistik deskriptif tentang sikap belajar peserta didik berada pada kategori tinggi dengan persentase 66,7%. Berdasarkan hasil analisis statistik regresi linear sederhana maka diperoleh nilai 0,001 terbukti bahwa antara pemberian penguatan positif terhadap sikap belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia terdapat pengaruh yang signifikan terbukti dari nilai yang didapatkan ˂0,01(0,001˂0,01).

Copyrights © 2016