Auladuna
Vol 3 No 1 (2016): June

KOMITMEN PROFESI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI KOTA MAKASSAR

Wahyuddin Wahyuddin (Universitas Islam Negeri Alauddin)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2016

Abstract

Abstrak Penelitian ini tergolong penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui komitmen profesi dan pengaruhnya terhadap kompetensi profesional guru pada madrasah tsanawiyah di kota makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Penelitian ini dilaksanakan seluruh Madrasah Tsanawiyah dalam lingkungan Kementerian Agama Kota Makassar. Populasi penelitian ini berjumlah 729 orang guru yang tersebar pada 34 madrasah Tsanawiyah di Kota Makassar. Sampel penelitian berjumlah 195 orang yang diperoleh dengan teknik proportionale random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru Madrasah Tsanawiyah dalam hal: komitmen profesi guru Madrasah Tsanawiyah di Kota Makassar pada umumnya berada pada kategori sedang, kompetensi profesional guru Madrasah Tsanawiyah di Kota Makassar pada umumnya berada pada kategori sedang, dan terdapat pengaruh positif komitmen profesi terhadap kompetensi profesional guru.AbstractThis research is classified as ex post facto research which aims to know the commitment of profession and its influence to professional competence of teacher at madrasah tsanawiyah in makassar city. The design used is simple linear regression. This research was carried out all Madrasah Tsanawiyah within the Ministry of Religious Affairs of Makassar City. The population of this study amounted to 729 teachers spread across 34 madrasah Tsanawiyah in Makassar City. The sample of research was 195 people obtained by proportionale random sampling technique. The results showed that the professionalism of Madrasah Tsanawiyah teachers in terms of: the professional commitment of Madrasah Tsanawiyah teachers in Makassar City is generally in the medium category, professional competence of Madrasah Tsanawiyah teachers in Makassar is generally in moderate category, and there is positive influence of professional commitment to teacher professional competence.

Copyrights © 2016