Jurnal Minds:Manajemen Ide dan Inspirasi
Vol 3 No 1 (2016): Jurnal MINDS: Manajemen Ide dan Inspirasi

ANALISIS KESESUAIAN KOMPETENSI ALUMNI UIN ALAUDDIN TERHADAP KEPUASAN STAKEHOLDER (Study kasus Lulusan Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar angkatan 2006-2010)

Eka Suhartini (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Murtiadi Awaluddin (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Muhammad Ikhsan Alif S. (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2016

Abstract

Pokok masalah penelitian ini ialah bagaimana setiap institusi, private atau public perlu membangun sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki secara profesional dan memiliki kompetensi yang tinggi. Kompetensi yang tinggi akan menjadi pusat keunggulan institusi sekaligus sebagai pendukung daya saing institusi dalam memasuki era globalisasi dan menghadapi masyarakat ekonomi asean (MEA) 2015 dalam dunia kerja, serta kondisi sosial masyarakat yang mengalami perubahan begitu cepat. Dan pengangguran terdidik setiap tahunnya meningkat, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) periode 2014 pengangguran berjumlah 7.244.905 orang. Alasan yang mendasari munculnya pengangguran terdidik tersebut karena “bukan disebabkan mereka tidak mampu secara keilmuan, tetapi salah satu faktor yang paling dominan ialah ketidaksesuaian kualifikasi yang diminta oleh dunia kerja dengan lulusan kampus. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan stakeholder dalam hal kompetensi atau keterampilan lulusan manajemen, dan untuk mengetahui faktor mana yang harus diprioritaskan untuk memenuhi harapan stakeholder, dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara harapan dan kinerja yang dirasakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, penelitian ini melibatkan 78 sampel lulusan manajemen sebagai obyek penelitian terhadap kepuasan stakeholder sebagai responden. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan diagram kurtosis untuk melihat faktor mana yang harus di prioritaskan, dan wilcoxon untuk melihat apakah ada perbedaan antara harapan dan kinerja yang dirasakan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disumpulkan bahwa pada item keahlian manajerial pada variabel leadership yang memperoleh tingkat kepuasan tertinggi, serta masih terdapat gap (kesenjangan) antara harapan stakeholder dan kenyataan (kinerja) yang diterima, Kesenjangan terdapat pada kuadran A dan D pada diagram kartesius pada item prioritas dan berlebihan, dan berdasarkan hasil uji wilcoxon terdapat perbedaan yang signifikan antara harapan dan kinerja yang dirasakan

Copyrights © 2016