Kebijakan dividen menjadi suatu pertimbangan yang dilematis dan merupakan kebijakan keuangan yang penting, tidak hanya dari sisi manajemen perusahaan, tetapi juga dari pemegang saham. Rata-rata perkembangan dividend payout ratio selama periode 2010-2014 mengalami fluktuasi dan tidak mengindikasikan adanya penerapan kebijakan dividen yang stabil. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui pengaruh positif dan signifikan profitabilitas terhadap kebijakan dividen tunai pada perusahaan Consumer Goods dan 2) mengetahui pengaruh likuiditas yang dimiliki memperkuat hubungan antara profitabilitas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan Consumer Goods. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis regresi sederhana (simple regression analysis) dan analisis regresi moderasi (Moderate Regression analysis) dengan uji pure moderator, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil pengujian membuktikan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen tunai pada perusahaan Consumer Goods. Likuiditas sebagai variabel moderasi mampu memperkuat hubungan antara profitabilitas terhadap kebijakan dividen tunai pada perusahaan Consumer Goods.
Copyrights © 2016