Majalah Obat Tradisional
Vol 18, No 1 (2013)

ANALISIS KANDUNGAN KAROTENOID EKSTRAK KASAR BUAH PISANG TONGKAT LANGIT (Musa troglodytarum) DENGAN MENGGUNAKAN SPEKTROSKOPI NIR (NEAR INFRARED)

Efraim Samson (Department of Biology, Universitas Kristen Satya Wacana)
Haryono Semangun (Department of Biology, Universitas Kristen Satya Wacana)
Ferdy S. Rondonuwu (Department of Biology, Universitas Kristen Satya Wacana Department of Physics, Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2015

Abstract

Kandungan karotenoid yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran, berperan penting dalam mencegah penyakit manusia, termasuk penyakit kardiovaskuler, kanker dan penyakit kronis lainnya. Namun, banyak metode yang digunakan dalam penentuan komposisi kimia khususnya untuk bahan makanan membutuhkan waktu yang lama serta biaya cukup mahal. Saat ini sejumlah teknik instrumentasi telah dikembangkan untuk menentukan kandungan kimia dengan cepat. Salah satu contoh adalah teknik pengukuran dengan menggunakan spektroskopi NIR. Dalam penelitian ini, spektroskopi NIR digunakan untuk analisis pendugaan karotenoid ekstrak kasar buah pisang tongkat langit (Musa troglodytarum) yang panjang dan pendek. Hasil yang diperoleh menunjukkan pisang tongkat langit mengandung β-karoten, sebab pada area bilangan gelombang 5000 hingga 5500 cm-1 terlihat adanya kemiripan antara pola spektrum β-karoten marker dengan pola spektrum pigmen karotenoid pisang tongkat langit.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

TradMedJ

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

raditional Medicine Journal (Majalah Obat Tradisional), or Trad. Med. J. (ISSN 1410-5918 (print) and ISSN 2406-9086 (online)), is an international scientific journal published by Faculty of Pharmacy, Universitas Gadjah Mada, three times annually. Collaborating with Indonesian Pharmacist Association, ...