Komunikasi : Jurnal Komunikasi
Vol 9, No 1 (2018): Edisi Maret 2018

CORPORATE BRANDING KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DALAM GERAKAN ANTI HOAX

Rizki Surya Tawaqal (Universitas Padjadjaran)
Yanti Yanti Setianti (Universitas Padjadjaran)
Wawan Wawan Setiawan (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
30 May 2018

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis upaya corporate branding yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia terhadap gerakan anti hoax. Berbagai upaya yang dilakukan pihak kepolisian dalam membentuk positioning organisasinya di tengah masyarakat melalui gerakan anti hoax. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kajian media dan juga wawancara. Hasil dari penelitian ini terbagi menjadi tiga hal utama, Ajakan terhadap masyarakat melalui aksi seperti gerakan kampanye dan deklarasi yang dilakukan kesatuan kepolisian, slogan beserta klarifikasi pihak kepolisian melalui media sosial terhadap berita hoax dan bentuk pengumuman sosialisasi Anti Hoax di sekitar masyarakat. Pada kesimpulannya, kepolisian mem-branding organisasinya dan mempunyai positioning di mata masyarakat sebagai kesatuan yang identik dengan gerakan anti hoax. Dengan adanya keterlibatan pihak kepolisian di berbagai gerakan hoax, seperti pencantuman lambang dan logo kepolisian di informasi ajakan anti hoax maka identitas organisasi kepolisian mempunyai karakter yang akan identik dalam segala jenis gerakan anti hoax

Copyrights © 2018