Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 1, No 2 (2016)

EVALUASI MODEL PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA BEBERAPA TK DI KOTA SEMARANG

Utsman Utsman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2016

Abstract

EVALUASI MODEL PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA BEBERAPA TK DI KOTA SEMARANG   Utsman Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Semarang (Unnes)utsman@mail.unnes.co.id Abstraks                 Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui model pengembangan kreativitas anak usia dini di beberapa TK di kota Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara, dokumen, dan observasi sebagai metode pokok dalam menggali informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pengembangan kreativitas dalam berbahasa pada anak-anak usia dini di TK   tidak   menggunakan waktu  secara khusus, namun dilakukan terintegrasi  dengan pengembangan ranah kognitif, ssial emosional,   dan psikomotor.  Anak berkembang secara alami dalam berbahasa ketika pembelajaran berlangsung, (2) Pengembangan kreativitas seni   menggambar  tidak   menekankan pada kecepatan dalam menggambar, namun lebih menekankan pada kerapian dan keindahan. Umumnya anak-anak diminta untuk menggambar atau mewarnai gambar tertentu tanpa diberikan bimbingan kearah kreatif, dan (3) Kreativitas personal  yang terjadi pada anak-anak TK telah dikembangkan oleh para guru TK,  dan mereka umumnya mengembangkannya melalui berbagai kegiatan anak antara lain kegiatan melipat kertas, berceritera, menyusun balok, dan pazzle.  Atas dasar temuan-temuan tersebut disarankan: (1) Guru hendaknya dalam pembelajaran mengintegrasikan berbagai pengembangan kreativitas anak sesuai dengan potensi yang mereka miliki, dan guru harus juga mengenali semua potensi yang dimiliki oleh anak, dan (2)  Guru perlu memperbanyak pengetahuan tentang cara-cara mengembangkan kreativitas anak.                                                      Kata kunci: Pengembangan; Kreativitas, Usia Dini

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...