IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ORANG DEWASAPADA MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAHFKIP UNTIRTA Irwan DjumenaUniversity of Sultan Ageng Tirtayasa ABSTRAKProses belajar orang dewasa memiliki perbedaan dengan proses pembekajaran pada anak-anak ( pedagogi ), dimana pembelajaran pada orang dewasa kegiatan belajar dipandang sebagai proses transformasi yaitu dalam bentuk mengubah ( modifying), mempelajari kembali ( relearning ), memperbarui ( up dating ) dan mengamati ( replacing ), sedangkan pembelajaran pada anak dipandang sebagai proses pembentukan dan perolehan ( aquiring ), pengumpulan , skills, strategi dan nilai-nilai yang diperoleh dari pengalaman. Pendekatan pembelajaran antara orang dewasa dan anak berbeda maka dipandang tepat apabila para pendidik dilingkungan perguruan tinggi memahami dan mampu mengimplementasikan model pendekatan pembelajaran pada orang dewasa pada setiap mahasiswa. proses pembelajaran dapat memberikan dan menanamkan pembelajaran yang berbasis pembelajaran orang dewasa, dengan cara menanamkan kepada mahasiswa untuk aktif yaitu’ Pembelajaran Mandiri, Kerjasama KLP, pemecahan masalah, pembelajaran InteraktifPenelitian ini difokuskan pada proses pendekatan pembelajaran orang dewasa yang diterapkan oleh para pendidik dilingkungan Untirta, dengan sub fokus masalah 1) perlunya implementasi model pembelajaran orang deawasa pada kegiatan pembelajaran pendidikan luar sekolah, 2) implementasi model pembe-lajaran orang dewasa dipandang tepat untuk menunumbuhkan kemandirian pada mahasiswa Pendidikan Luar sekolahBerdasarkan hasil penelitian dengan focus penelitian “ Implementasi model pembelajaran orang dewasa pada mahasiswa PLS FKIP Untirta tahun 2015“, dapat dinyatakan bahwa implementasi kegiatan pembelajaran andragogik yang dilaksanakan oleh dosen di Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FKIP Untirta sudah dilaksanakan dengan katagori baik, yaitu rerata 0,89 persen dari dosen yang mengajar sudah secara terus menerus melaksanakan kegiatan mengajarnya berbasis organg dewasa, sedangan 0,11 persen diantara dosen yang mengajar di jurusan pendidikan luar sekolah dalam kategori belum mencerminkan pendekatan model pembelajaran orang dewasa. Kata Kunci: Pembelajaran orang dewasa
Copyrights © 2016