Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 1, No 2 (2016)

MODEL KOMUNIKASI ORANG TUA TUNARUNGU YANG MEMILIKI ANAK MENDENGAR

Etty Hasmayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2016

Abstract

MODEL KOMUNIKASI ORANG TUA TUNARUNGU YANG MEMILIKI ANAK MENDENGAR 2016 Etty Hasmayati  ABSTRAK                 Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan pada tahun 2016. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan model komunikasi orang tua tunarungu yang memiliki anak mendengar. Penelitian dilaksanakan selama tiga tahun. Tahun pertama yaitu mengidentifikasi karakteristik orang tua tunarungu, identifikasi pola komunikasi yang terjadi antara anak yang mendengar dengan orang tua tunarungu, mengkaji secara teori model komunikasi orang tua tunarungu dengan anak mendengar. Metode penelitian meng-gunakan penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall (2008), yang terdiri dari tiga tahapan sebagai berikut: tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap implementasi. Teknik analisa data menggunakan deskritif untuk data kwalitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: telah tersusunnya kajian tentang karakteristik orang tua tunarungu, telah terindentifikasi pola komunikasi yang terjadi anatara anak yang memiliki pendengaran dengan orang tua tunaungu, telah tersusunnya draf model komunikasi orang tua tunarungu dengan anak yang memiliki pendengaran normal.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...