Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 2, No 1 (2017)

PENGELOLAAN PROGRAM KURSUS KOMPUTER PADA BIDANG KEAHLIAN DI LKP ALFABANK SEMARANG

Caturia Berliantin Achmad Rifai RC (Jurusan Pendidikan Non Formal FIP Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2017

Abstract

PENGELOLAAN PROGRAM KURSUS KOMPUTER PADA BIDANG KEAHLIAN DI LKP ALFABANK SEMARANG Caturia Berliantin, Dr. Achmad Rifai RC, M.PdJurusan Pendidikan Non Formal FIP Universitas Negeri SemarangSemarang 50299, IndonesiaEmail: chatmeong.pls@gmail.comAbstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pelatihan dengan pengelolaan program kursus komputer pada bidang keahlian di LKP ALFABANK Semarang dan mendeskripsikan hasil pelatihan dengan pengelolaan program kursus komputer pada bidang keahlian di LKP ALFABANK Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu 4 orang yang terdiri dari 1 orang direktur sebagai informan dan satu orang bagian akademik. Teknik analisis data dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa manajemen pelatihan kursus komputer di LKP ALFABANK memiliki tahapan yaitu perencanaan program, pelaksanaan program dan penilaian program. Perencanaan diawali dengan proses yang sistematis dalam pengambilan keputusan tentang tindakan yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang, tujuan  pelatihan  hingga penentuan kurikulum yang akan digunakan.  Proses pelatihan terdapat 3 kegiatan yang harus dilakukan yaitu kegiatan pembuka sebelum pelatihan dilaksanakan, kegiatan  inti (kegiatan ini adalah kegiatan interaksi penyampain materi dari pendidik ke peserta didik), dan yang terakhir adalah kegiatan penutup (kegiatan untuk mengakhiri pelatihan). Teknik yang digunakan dalam evaluasi berupa teknik tes dan nontes. Proses pembelajaran yang telah dilaksanakan memiliki dampak yang dirasakan oleh peserta didik, hasil pelatihan dapat dirasakan melalui perubahan sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) peserta didik setelah proses pembelajaran selesai. Kata kunci: Manajemen, Pelatihan, Pengelolaan Program

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...