PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DIALOGIS PAULO FREIREPADA PROGRAM KESETARAAN PAKET B SEKOLAH ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH KALIBENING, SALATIGA, JAWA TENGAH Ika Rizqi Meilya, M.Pd.ikarizqimeilya1@gmail.com AbstrakTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) faktor-faktor pendorong dan penghambat pengelolaan pembelajaran dialogis Paulo Freire pada program kesetaraan paket B di sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitiannya menunjukkan: (1) Proses perencanaan pembelajaran menggunakan istilah Student Learning Center, artinya semua pembelajaran berjalan berdasarkan keinginan anak. Anak ingin belajar apa dan bagaimana semua dikembalikan sesuai dengan kesepakatan kelasnya masing-masing; (2) Pelaksanaan proses pembelajaran direalisasikan menggunakan metode problem-solving (hadap masalah) melalui tahapan problematik, inquiry/discovery, brainstorming, dan sharring; (3) Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk self-evaluating atau evaluasi diri, yaitu pandangan dan sikap anak terhadap dirinya untuk menentukan dan mengarahkan konsep diri dalam mengenal bakat, kelemahan, kepandaian dan kegagalannya; dan (4) Faktor pendorong pembelajaran berasal dari kemauan, motivasi dan kemandirian yang tinggi dari anak dengan segala keterbatasan, serta suasana yang menyenangkan diselimuti rasa persahabatan dan kekeluargaan, bebas dari ancaman dalam segala aspek, menjadikan pengelolaan pembelajaran berjalan begitu dinamis. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran adalah kebijakan-kebijakan nasional pendidikan dan rendahnya dukungan finansial dan sikap pemerintah yang kurang memperhatikan nasib sekolah alternatif.
Copyrights © 2016