Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 2, No 1 (2017)

MODEL KEPEMIMPINAN LEMBAGA DALAM MENGELOLA PROGRAM (STUDI PADA LKP JENGGALA COURSE JEPARA)

Muhammad Ainur Rofiq Amin Yusuf (Jurusan Pendidikan Non Formal FIP Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2017

Abstract

MODEL KEPEMIMPINAN LEMBAGA DALAM MENGELOLA PROGRAM (STUDI PADA LKP JENGGALA COURSE JEPARA)Muhammad Ainur Rofiq, Dr. Amin Yusuf, M.SiJurusan Pendidikan Non Formal FIP Universitas Negeri SemarangSemarang 50299, IndonesiaEmail: arvi.aira@gmail.comAbstrak:Keberadaan lembaga pendidikan nonformal khususnya Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sangat berperan penting dalam mengembangkan kemampuan kecakapan hidup (Life Skill) sebagai bekal mencari ataupun menciptakan lapangan pekerjaan. Terdapat 72 LKP yang berdiri di Jepara, hal tersebut membuat adanya pengelolaan terhadap lembaga dan program yang dijalankan menjadi sangat penting agar lembaganya mampu berkembang, maka dari itu Model Kepemimpinan yang digunakan menjadi inti utama dalam pengelolaan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana model kepemimpinan yang relevan digunakan dalam mengelola program-program yang dijalankan di LKP Jenggala Course; (2) Bagaimana upaya pimpinan lembaga dalam mengelola LKP Jenggala Course; (3) Apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam pengelolaan program LKP Jenggala Course. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di 4 tempat yaitu LKP Jenggala Pusat, LKP Jenggala cabang Kalinyamatan, LKP Jenggala cabang Bangsri, dan LKP Jenggala cabang Keling. Subjek penelitian adalah 4 orang staff administratif LKP Jenggala pusat dan cabang, dan 1 orang Pimpinan LKP jenggala. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, data dan teori. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pimpinan LKP Jenggala Course dalam mengelola program menggunakan beberapa model kepemimpinan dalam melakukan pengelolaan program, yaitu model kepemimpinan Partisipatif, Demokratis, dan Otokratis dengan Gaya Otokratis Bijak. Model kepemimpinan yang dominan dipakai oleh pimpinan adalaj model kepemimpinan partisipatif.Kata Kunci: Model Kepemimpinan, Pengelolaan Program, Lembaga Kursus

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...