Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 1, No 2 (2016)

HUBUNGAN MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATERI MENULIS KARANGAN PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI PKBM AL-FIRDAUS KABUPATEN SERANG

Lina Ta'atiah Insani Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2016

Abstract

HUBUNGAN MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATERI MENULIS KARANGAN PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI PKBM AL-FIRDAUS KABUPATEN SERANG Liza Ta’atiah Insani RahayuABSTRAK Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut : (1) Apakah terdapat hubungan minat membaca dengan hasil belajar materi menulis karangan pada Warga Belajar Kejar Paket C di PKBM Al-Firdaus Kabupaten Serang? (2) ) Apakah terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar materi menulis karangan pada Warga Belajar Kejar Paket C di PKBM Al-Firdaus Kabupaten Serang? (3) ) Apakah terdapat hubungan minat membaca dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar materi menulis karangan pada Warga Belajar Kejar Paket C di PKBM Al-Firdaus Kabupaten Serang?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan minat membaca  dengan hasil belajar materi menulis karangan; (2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar materi menulis karangan; (3) hubungan minat membaca dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar materi menulis karangan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian kuantitatif deskriptif juga dapat dilakukan untuk mencari kuatnya hubungan antara variabel melalui penelitian korelasi. Maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, di mana penelitian ini mencoba meneliti hubungan antara variabel-variabel yaitu minat membaca sebagai variabel (X1), motivasi belajar sebagai variabel (X2) dan hasil belajar materi menulis karangan sebagai variabel (Y). Instrumen yang dipakai pada penelitian ini berupa angket untuk menilai minat membaca (X1) dan motivasi belajar (X2) pada warga belajar serta tes untuk menilai hasil belajar (Y) pada warga belajar.Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang siginifikan antara minat membaca  dengan  hasil belajar materi menulis karangan dengan rhitung (0,400) yang lebih besar dari pada rtable (0,361), koefisien  korelasi diuji signifikansinya dengan melihat harga t, dimana thitung (10,083) lebih besar dari pada harga ttable (1,701); (2) terdapat hubungan yang siginifikan antara motivasi belajar  dengan  hasil belajar materi menulis karangan dengan harga rhitung (0,442) yang lebih besar dari pada rtable (0,361), koefisien  korelasi diuji signifikansinya dengan melihat harga t, dimana thitung (8,392)  lebih besar dari pada harga ttable (1,703); (3) terdapat hubungan signifikan antara membaca dan motivasi belajar secara bersama- sama dengan hasil belajar materi menulis karangan  dengan Ry(1,2) sebesar 0,492, koefisien korelasi signifikansi dengan uji-F diperoleh Fhitung = 4,321 lebih besar dari Ftabel  sebesar  3,33  maka  Fhitung> Ftabel,  pada  taraf  nyata  α = 0,05.Dengan meninjau hal-hal di atas, dapat diketahui bahwa minat membaca dan motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan secara bersama-sama dengan hasil belajar materi menulis karangan sehingga perlu mendapatkan perhatian dan tindak lanjut sebagai pengembangan agar dapat membantu dan menunjang dalam meningkatkan hasil belajar materi menulis karangan warga belajar PKBM Al-Firdaus Kabupaten Serang Kata kunci: minat membaca, motivasi belajar, hasil belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...