Jurnal Kimia dan Kemasan
Vol. 32 No. 2 Oktober 2010

Pembuatan Formulasi Krim Anti Nyamuk dari Fraksi Minyak Sereh

Rahayu, Sri Pudji ( Balai Besar Kimia dan Kemasan, Kementerian Perindustrian RI Jl. Balai Kimia No.1 Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur)
Naimah, Siti ( Balai Besar Kimia dan Kemasan, Kementerian Perindustrian RI Jl. Balai Kimia No.1 Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2010

Abstract

Minyak sereh dan fraksinya merupakan minyak atsiri yang mempunyai banyak kegunaan, diantaranya sebagai repellent atau pengusir nyamuk yang merupakan vektor berbagai penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD). Saat ini formula pengusir nyamuk menggunakan bahan kimia DEET (n,n-diethyl-m-toluamide) yang mempunyai efek samping terhadap kulit manusia, karena itu minyak sereh ini merupakan alternatif bahan aktif pengusir nyamuk yang perlu dikembangkan. Telah dilakukan penelitian pembuatan formulasi krim anti nyamuk dengan menggunakan fraksi minyak sereh dalam bentuk sediaan krim. Formulasi krim dibuat dengan variabel konsentrasi bahan aktif fraksi sereh dari 0,1%; 0,2%; 0,3%; 0,4%; 0,6% dan penambahan bahan pewangi serta penambahan NaOH dan KOH. Selanjutnya dilakukan analisis sifat fisiko kimia meliputi pH, kestabilan dan homogenitas krim serta pengujian efektifitas dari formulasi krim terhadap gigitan nyamuk dan uji iritasi terhadap kulit. Formula yang dihasilkan berwarna putih, mempunyai bau/wangi segar yang khas, rasa hangat pada kulit, pH normal sekitar 7, kestabilan baik dan homogen. Uji efektivitas terhadap populasi nyamuk Aedes aegypti di laboratorium menunjukkan bahwa Formulasi VI dengan konsentrasi bahan aktif 0,6% memberikan hasil yang terbaik dalam perlindungan terhadap gigitan nyamuk sampai lebih 6 jam, diikuti dengan Formulasi III (0,2% bahan aktif) dengan perlindungan sampai 5 jam, Formulasi IV (0,3% bahan aktif) dan formulasi V (0,4% bahan aktif) dengan perlindungan sampai 4 jam, dan Formulasi I (0,1% bahan aktif) yang memberikan perlindungan hanya sampai 3 jam. Akan tetapi secara ekonomi Formula III merupakan yang terbaik yaitu dengan konsentrasi bahan aktif 0,2 %berat atau 0,09% citronellal juga sudah dapat memberikan perlindungan terhadap gigitan nyamuk sampai 5 jam hingga 6 jam. Sedangkan Formulasi VII dengan penambahan bahan pelembab/pewangi jojoba dan Formulasi II dengan penambahan NaOH dan KOH untuk memperbaiki penampilan sediaan krim tidak memberikan hasil yang baik dalam perlindungan terhadap gigitan nyamuk. 

Copyrights © 2010