Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober 2015

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR

Kadri, Muhammad (Unknown)
Rahmawati, Meika (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2015

Abstract

Penelitian yang telah dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor di SMA Swasta Budi Satrya Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 72,50 dan kelas kontrol 64,00. Hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh thitung = 2,88 dan ttabel = 2,002, sehingga thitung>ttabel maka disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, ...