Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli 2016

EFEK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI SMA SWASTA IMELDA MEDAN

Panjaitan, Melda (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model pembelajaran Kooperatif tipe Teams  Games Tournaments dan Model Derect Introdaction,  (2) Untuk mengetahui perbedaan siswa yang memiliki pemecahan masalah  tinggi dengan siswa yang memiliki pemecahan masalah  rendah terhadap hasil belajar, (3) Untuk mengetahui apakah ada interaksi antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams dengan Dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pada materi pokok usaha dan energi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian two-group pre-tes dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester I SMA Swasta Imelda Medan T.A. 2015/2016 sebanyak 4 kelas (128 orang). Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-2 yang diambil secara Cluster random sampling, kelas XI IPA-1 diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams  Games Tournaments (kelas eksperimen) dan kelas XI-2 diajar dengan model pembelajaran Derect Introdaction, (kelas kontrol).Data dianalisis menggunakan SPSS 21 sehingga dapat diberikan kesimpulan bahwa  terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji anova kemampuan pemecahan masalah siswa selama proses pembelajaran terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa. Hasil pengujian menggunakan ANOVA dapat disimpulkan bahwa ada interaksi antara model pembelajaran Kooperatif tipe Teams  Games Tournaments dan model pembelajaran Derect Introdaction dengan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar. Dari hasil perhitungan bahwa persen peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen lebih besar dari pada hasil belajar kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan presentase hasil belajar Fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams  Games Tournaments dengan hasil belajar Fisika yang diajar dengan model pembelajaran Derect Introdaction

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, ...