Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli 2016

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PANGURURAN

Samosir, Hotdi Dorpalda (Unknown)
Harahap, Mara Bangun (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Pangururan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari sembilan kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam aspek pengetahuan berbentuk essai yang terdiri dari 10 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur keterampilan memecahkan masalah. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 20,96 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 19,34. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 63,31 sedangkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 46,91. Rata-rata nilai N-gain keterampilan memecahkan masalah di kelas eksperimen untuk setiap pertemuan mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 1 Pangururan T.P 2015/2016

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, ...