Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli 2016

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BARUMUN TENGAH T.P 2016/2017

haryadi, Jafri (Unknown)
Nasution, Nopitrah Rasmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2017

Abstract

Pembelajaran fisika selama ini dirasa sulit oleh para siswa. Dilihat dari masih banyaknya  siswa yang memiliki nilai yang kurang memuaskan pada mata pelajaran fisika. Dengan solusinya, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas XI semester I di SMA Negeri 1 Barumun Tengah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester I di SMA Negeri 1 Barumun Tengah yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 112 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random  sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa, dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan pada pretes dan postes adalah menggunakan instrumen tes pilihan berganda sebanyak 20 item dengan 4 option yang telah diuji validkan dan direliabelkan. Uji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil belajar pretes siswa sebelum diberi perlakuan, diperoleh untuk kelas eksperimen nilai rata-rata 35,75 dengan varians 224,41 dan untuk kelas kontrol nilai rata-rata 35,83 dengan varians 231,88. Uji hipotesis Pretes dengan uji t dua pihak diperoleh thitung =0,018,  ttabel = 2,0201, karena -2,0201 ≤ 0,018 ≤ 2,0201 (-ttabel ≤ thitung ≤ ttabel)  maka Ho diterima, dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Sedangkan hasil belajar postes siswa setelah diberikan perlakuan dengan mernerapkan  model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan mind mapping pada kelas eksperimen. Diperoleh nilai postes untuk kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 78,25 dengan varians 63,88 dan kelas kontrol nilai rata-rata 67,5 dengan varians 117,39. Uji hipotesis postes dengan uji t satu pihak diperoleh thitung = 3,71 dan ttabel =2,0201, karena thitung> ttabel maka Ha dapat diterima, dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas XI SMA Negeri 1 Barumun Tengah.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, ...