Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Vol 2, No 4 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Oktober 2016

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 BINJAI T.P 2015/2016

Sinaga, Libri (Unknown)
Turnip, Betty M (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 2 Binjai T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Binjai yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh nilai rata – rata pretes kelas eksperimen 19,69 dan pada kelas kontrol sebesar 18,81. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh nilai rata –rata kelas eksperimen 71,57 dan kelas kontrol 55,33. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 2 Binjai T.P.2015/2016.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, ...