Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari - Maret 2016

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS JUST IN TIME TEACHING (JITT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA

Febri Sudarma, Teguh (Unknown)
Kadri, Muhammad (Unknown)
Ifda Tanjung, Yul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2016

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah sebagai hasil belajar dan aktivitas belajar mahasiswa serta pendapat mahasiswa mengenai proses pembelajaran dengan model Inquiry Training berbasis Just In Time Teaching pada mata kuliah Fisika Umum I. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika pada mahasiswa yang mendapatkan model pembelajaran inquiry berbasis JiTT diperoleh persentase rata-rata skor dari 22,67 (38%) pada tes awal menjadi 30,97 (52%)Selanjutnya pada sikulus II terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari 42,00 (55%) pada tes awal menjadi 48,30 (81%).Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari hasil tes awal diperoleh persentase nilai rata-rata untuk kriteria Polya yang paling tinggi memahami masalah yaitu 70,40 (69%) dan kriteria paling rendah yaitu memeriksa kembali (MK) 6,57 (44%). Pada siklus II terjadi peningkatan skor belajar untuk masing-masing kriteria Polya yaitu memahami masalah (MM) dari 10,40 (69%) menjadi 11,33 (76%), menyusun perencanaan (MP) dari 8,37 (56%) menjadi 11,63 (78%), melaksanakan rencana (MR) dari 7,90 (53%) menjadi 11,97 (80%), dan Memeriksa kembali (MK) dari 6,57 (44%) menjadi 11,33 (76%). Peningkatan partisipasi mahasiswa pada dari siklus I dengan skor rata-rata aktivitas  42,61 meningkat pada siklus II menjadi 75,03

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, ...