Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 6, No 1 (2018): Maret 2018

PENERAPAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI RANGKAIAN ARUS BOLAK-BALIK SISWA KELAS XII SMA NEGERI ABULYATAMA

syarifah rahmiza muzana (Universitas Abulyatama Aceh)
Hasanah - - (Universitas Abulyatama Aceh)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui penerapan laboratorium virtual terhadap hasil belajar fisika pada materi rangkaian arus bolak balik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XIII SMA Negeri Abulyatama. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purpose Sampling dengan desain yang digunakan nonrandommized control group pre-test post-test. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui pemberian tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan statistic uji t, pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh t hitung = 4,30 dan t tabel  dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 51 = 1,69 sehingga t hitung >t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan  yang signifikan antara belajar dengan  Laboratorium Virtual terhadap hasil belajar siswa kelas XII di SMAN 1 Abulyatama.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...