Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April 2015

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELOMPOK INVESTIGASI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN METODE CURAH PENDAPAT(BRAINSTORMING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1PARBULUAN T.P 2015/2016

Karo, Yuni Theresia Br (Unknown)
Ginting, Eva Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi (group investigation) dengan metode curah pendapat (brainstorming)terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Dinamis di kelas XI semester genap di SMA Negeri 1 Parbuluan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasieksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Parbuluan yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI IPA 2 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 siswa dan ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi (group investigation) dengan metode curah pendapat (brainstorming) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini ada dua macam yaitu hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,01 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak, yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Fluida Dinamis dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi (group investigation) dengan metode curah pendapat (brainstorming) terhadap hasil belajar siswa lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas XI semester genap di SMA Negeri 1 Parbuluan T.P. 2015/2016.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, ...