Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli 2016

PENGARUHKOLABORASI METODEGUIDED TEACHINGDENGANTEAM QUIZTERHADAPHASIL BELAJARSISWA

Dewi, Puspita (Unknown)
Siregar, Alkhafi Maas (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kolaborasi metode guided teachingdengan team quiz terhadap Hasil Belajar beserta Aktivitas siswa pada materi pokok suhu dan kalorkelas X semester II di SMA Negeri 1 Sei Suka T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalahpenelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMANegeri 1 Sei Suka T.P.2015/2016 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian dilakukan dengancara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang untuk masing-masingkelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisa data diperoleh hasil uji hipotesis diperolehthitung = 7,90 dengan ttabel = 1,669 (thitung > ttabel ) yang berarti Ha diterima, sehingga dapatdisimpulkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih baikdibandingkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada kelas kontrol, berarti ada pengaruh kolaborasimetode guided teaching dengan team quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dankalor kelas x semester II SMA Negeri 1 Sei Suka T.P 2015/2016. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 65,80 tergolong ke dalam kategori cukup aktif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, ...