Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pembelajaran bauran (blended learning) terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi. Penelitian studi kasus ini menggunakan penelitian kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Analisis ini digunakan untuk mengetahui adakah pengaruh antara variabel bebas (independent variable) terhadap variabel terikat (dependent variable). Penelitian ini dilaksanakan diSMP YBPK Kediri yang beralamatkan di Jalan Mayor Bismo No. 52 Kelurahan Semampir, Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP YBPK Kota Kediri dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMP YBPK Kota Kediri dimana hanya terdapat satu kelas untuk kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016tepatnya pada bulan September 2015. Penerapan pembelajaran bauran (blended learning) ini terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari munculnya indikator-indikator motivasi belajar siswa di kelas setelah dilakukannya pembelajaran bauran (blended learning). Siswa terlihat bersemangat, penuh perhatian, bersungguh – sungguh dalam belajar, serta aktif berdiskusi dan mencari tambahan materi melalui internet. Hal ini sesuai dengan apa yang diungkapkan Sardiman (2011: 75) bahwa pada proses pembelajaran, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.
Copyrights © 2017