JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 2, No 1 (2017)

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS WOLFRAMS MATHEMATICA PADA SISWA KELAS IV SDN 4 MURYOLOBO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Saiful Marom (Institut Agama Islam Negeri Salatiga)
Sugiman Sugiman (SD Negeri 4 Muryolobo Jepara)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh media pembelajaran berbasis teknologi wolfram mathematica terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Muryolobo Jepara, dan dalam pengumpulan data penulis melakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Masing-masingĀ  siklus terdiri dariĀ  perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi wolfram mathematica mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas IV SD Negeri 4 Muryolobo Kabupaten Jepara sebelum menggunakan media wolfram methematica menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Hal ini dibuktikan siswa yang tuntas mencapai 35%. Pada siklus I ketuntasan mencapai 60%. Pada siklus II ketuntasan mencapai 85%. Dengan demikian prestasi belajar matematika siswa meningkat melalui penggunaan media pembelaaran berbasis teknologi wolfram mathematica.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...