JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 3, No 1 (2018)

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIC SMPN 2 LAHAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R

Ramlan Effendi (SMPN 2 Lahat)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menelaah prestasi belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran SQ3R, (2) untuk menelaah aktivitas belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran SQ3R. Subjek peneitian adalah siswa SMP Negeri 2 Lahat kelas VII.C tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 15 siwa dan 16 siswi. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan skor aktivtas siswa dari rata-rata 20,5 kategori aktif menjadi 27 kategori sangat aktif, (2) terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari rata-rata 64,5 menjadi 70,97 dan peningkatan ketuntasan klasikal dari 76,4% menjadi 81,25%. Peneliti menyarankan agar waktu yang digunakan siswa dalam berdiskusi diatur agar kegiatan tersebut efektif. Temuan penelitian ini dalam pembelajaran siswa terlihat dapat menyampaikan ide dan gagasannya secara terstruktur dan sistematis ketika sedang berdiskusi dan presentasi. Model pembelajaran SQ3R juga meningkatkan motivasi siswa untuk membaca yang berarti mendukung gerakan lterasi sekolah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...