AKSIOMA
Vol 7, No 1 (2016): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN POCKET BOOK BERBANTUAN GEOGEBRA DENGAN PENDEKATAN PMRI (PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA) PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP/MTs.

Istianah Istianah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2017

Abstract

Dari hasil observasi di lapangan media pembelajaran matematika yang digunakan berupa buku paket dan penyajian materi dalam buku paket didominasi oleh penulis sehingga siswa bersikap pasif memahami apa yang dijelaskan penulis untuk itu pengembangan media pembelajaran berbentuk pocket book berbantuan GeoGebra dengan pendekatan PMRI sangat diperlukan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model 3-D yang diadaptasi dari model 4-D yaitu melalui tahap pendefinisian (Define), perencanaan (Design), dan pengembangan (Develop). Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan pocket book berbantuan GeoGebra dengan pendekatan PMRI ditunjukkan dengan penilaian validator oleh ahli media diperoleh persentase 89,26%, ahli materi 85,77%, dan tanggapan siswa 90,5%. Berdasarkan analisis data tersebut dinyatakan media pembelajaran berkategori valid. Selanjutnya perhitungan analisis akhir, diperoleh hasil rata-rata nilai kelas eksperimen = 80,5294 dan rata-rata nilai kelas kontrol = 72. Untuk uji hipotesis menggunakan uji t pihak kanan dan diperoleh t = 3,2872, maka rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata kelas kontrol. Uji ketuntasan belajar individu dilakukan uji z satu pihak kanan dan diperoleh z = 1,7806, maka ketuntasan belajar individu kelas eksperimen tercapai. Uji ketuntasan belajar klaksikal menggunakan uji proporsi (uji t satu pihak kanan) dan diperoleh t = 6,1842, maka kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dengan terpenuhinya uji ketuntasan dan uji beda rata-rata dapat disimpulkan bahwa pocket book berbantuan GeoGebra dengan pendekatan PMRI pada materi segiempat efektif dalam proses pembelajaran matematika.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...