Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran berbantuan software flip book makersehingga menghasilkan media pembelajaran yang layak, serta diharapkan prestasi belajar peserta didikakan lebih meningkat. Penggunaan media dengan model pembelajaran numbered heads together berbasisteori vygotsky terbukti lebih baik dari pada pembelajaran yang menggunakan modul sebelumnya. Penelitianini menggunakan desain pengembangan model ADDIE, yaitu: analysis, design, development,implementation, evalutation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII C dan VIII D SMP N 1Kangkung. Hasil dari validasi ahli baik sekali yaitu ahli media 83,37% dan ahli materi 91,78%. Angkettanggapan peserta didik memperoleh nilai 73,47% artinya baik. Sehingga media tersebut dapat dikatakanvalid. Dari hipotesis uji t pihak kanan diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,0703> 1,67 dengan taraf signifikan5%, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan modulpembelajaran berbantuan flipbook maker dengan model NHT berbasis teori vygotsky lebih baik dari padaprestasi belajar siswa yang menggunakan modul sebelumnya pada materi relasi dan fungsi.
Copyrights © 2016