AKSIOMA
Vol 7, No 1 (2016): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTU FLIPBOOK MAKER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS TEORI VYGOTSKY MATERI POKOK RELASI DAN FUNGSI

Evi Intan Pornamasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran berbantuan software flip book makersehingga menghasilkan media pembelajaran yang layak, serta diharapkan prestasi belajar peserta didikakan lebih meningkat. Penggunaan media dengan model pembelajaran numbered heads together berbasisteori vygotsky terbukti lebih baik dari pada pembelajaran yang menggunakan modul sebelumnya. Penelitianini menggunakan desain pengembangan model ADDIE, yaitu: analysis, design, development,implementation, evalutation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII C dan VIII D SMP N 1Kangkung. Hasil dari validasi ahli baik sekali yaitu ahli media 83,37% dan ahli materi 91,78%. Angkettanggapan peserta didik memperoleh nilai 73,47% artinya baik. Sehingga media tersebut dapat dikatakanvalid. Dari hipotesis uji t pihak kanan diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,0703> 1,67 dengan taraf signifikan5%, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan modulpembelajaran berbantuan flipbook maker dengan model NHT berbasis teori vygotsky lebih baik dari padaprestasi belajar siswa yang menggunakan modul sebelumnya pada materi relasi dan fungsi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...