AKSIOMA
Vol 4, No 2/Septembe (2013): AKSIOMA

EVALUASI TERHADAP BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PMRI DI BANDUNG RAYA

Anik Yuliani (Jurusan Pendidikan Matematika, STKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh bahan ajar matematika berbasis PMRI diterapkan di Bandung Raya. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang didesain untuk mengukur kualitas bahan ajar berbasis PMRI yang dibuat dan dilaksanakan guru selama ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di Jawa Barat yang telah menerapkan PMRI di sekolahnya masing-masing. Terdapat tiga sekolah yang menjadi subyek penelitian, yaitu MIN I Bandung, SDPN Sabang dan SMPN 12 Bandung sedangkan sampelnya adalah guru Matematika di sekolah-sekolah tersebut yang menerapkan PMRI dalam pembelajarannya.Data yang dikumpulkan berupa data kuesioner guru tentang penerapan PMRI. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika berbasis PMRI telah diterapkan di MIN 1 Bandung, SDPN Sabang dan SMPN 12 Bandung tetapi pelaksananya hanya guru-guru tertentu. Di MIN 1 Bandung terdapat 3 guru yang menerapkan PMRI, di SDPN Sabang terdapat 2 orang guru yang menerapkan PMRI dan di SMPN 12 Bandung juga terdapat 2 orang guru matematika yang menerapkan PMRI. Namun dari keseluruhan, diketahui bahwa hampir 3 tahun terakhir sudah jarang diterapkan serta jarang ada kegiatan-kegiatan PMRI; Kata Kunci: Bahan Ajar, PMRI.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...