Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran matematika, guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional yang cenderung membuat suasana kelas monoton, membosankan dan kurang menarik untuk itu model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga dan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga sangat diperlukan. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data diperoleh dari uji post-test dengan soal uraian. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Berdasarkan analisa dari perhitungan ANAVA diperoleh nilai Fhitung > Ftabel, maka terdapat perbedaan dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga, model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga dan model pembelajaran konvensional. Dari perhitungan uji t dua pihak diperoleh , jadi tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga dan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga. Dari perhitungan uji t satu pihak kanan diperoleh thitung > ttabel, maka hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga dan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga dan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan berbantu Cabri II Plus 1.4 dan alat peraga efektif diterapkan pada materi Segitiga dan Segi Empat siswa kelas VII.
Copyrights © 2016