AKSIOMA
Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

PENGARUH METODE ACCELERATED LEARNING BERBANTU JURNAL BELAJAR DAN GEOGEBRA 3D DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA RUANG DIMENSI TIGA

Edo Bawono (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2015

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahanya kemampuan pemahaman siswa sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Accelerated learning berbantu jurnal belajar dan Geogebra 3D ditinjau dari kemampuan pemahaman matematikterhadap hasil belajar siswa.Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan variabel terikatnya kemampuan pemahaman dan variabel bebasnya metode Accelerated Learning. Penelitian dilaksanakan di SMA negeri 1 Kayen yaitu kelas X-11, X-10 dan X-9 sebagai kelas kontrol, eksperimen 2 dan eksperiman 1. Tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan posttes.Hasil penelitian dengan uji Anava dengan signifikan 0,05 diperoleh= 9,27 dan3,08 makasehingga ada perbedaan hasil belajar ketiga kelas eksperimen. Setelah didapat perbedaan dilakukan Uji korelasi diperoleh kelas eksperimen 1= 0,63, eksperimen 2= 0,72 dan kontrol = 0, 35. Dilihat dari nilai uji korelasi ada pengaruh kemampuan pemahaman terhadap hasil belajar dan arah hubungan adalah positif karena nilai r positif “maka semakin tinggi Kemampuan matematika pemahaman siswa maka semakin tinggi hasil belajar siswa”.Hasil posttes nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1= 82,97, kelas eksperimen 2= 81,56 dan kelas kontrol-=77,48. Dilihat dari hasil belajar, kelas ekperimen 1 dan ekperimen 2 lebih tinggi dari kelas kontrol jadi dapat disimpulkan bahwa “kemampuan pemahaman siswa metode Accelerated Learning berbantu jurnal belajar dan Geogebra 3D lebih tinggi dari metode konvensional”. Jadi ada pengaruh metode Accelerated learning berbantu jurnal belajar dan Geogebra 3D ditinjau dari kemampuan pemahaman matematik terhadap hasil belajar siswa. Oeleh karena itu metode Accelerated Learning menjadi salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...