RITME
Vol 2, No 2 (2016)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MANDIRI DALAM KETERAMPILAN MEMAINKAN TEROMPET

Febbry Cipta (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2017

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan hasil penelitian tentang implementasi pembelajaran mandiri dalam meningkatkan keterampilan memainkan terompet. Melalui implementasi ini diharapkan dapat membuka sudut pandang pada sisi lain (selain mempraktikan teknik-teknik) berkaitan dengan keberhasilan belajar. Implementasi pembelajaran mandiri telah memberikan dampak yang diharapkan terhadap proses pembelajaran. Peserta mampu menunjukkan cara berpikir kritis dalam meningkatkan keterampilannya melalui rutinitas praktik-praktik mandiri dengan fokus pada spesifikasi yang harus dipelajari, serta mengoptimalkan waktu dalam mempelajari setiap materi. Melalui proses yang terorganisir, dapat memberikan pemahaman kepada peserta dalam membangun aspek-aspek fisik (pernapasan, embouchure, lidah, dan penjarian) dan aspek-aspek musikal (warna suara, intonasi, artikulasi, dinamika, dan durasi) sebagai penunjang teknik-teknik memainkan terompet.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ritme

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Jurnal Ritme (Seni dan Desain serta Pengajarannya) diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan Seni dan Desain Universitas Pendidikan Indonesia dua kali dalam setahun, bulan Februari dan Agustus. Ruang lingkup topik artikel meliputi pembelajaran seni dan desain, inovasi pembelajaran seni, model ...